Advertisement

Mahasiswa dari 5 Negara Belajar Warisan Arsitektur YB Mangunwijaya

Sunartono
Senin, 22 Juli 2024 - 07:37 WIB
Sunartono
Mahasiswa dari 5 Negara Belajar Warisan Arsitektur YB Mangunwijaya Sebanyak 50 mahasiswa dari lima negara secara khusus belajar dari sosok arsitek YB Mangunwijaya. Kegiatan bertajuk Belajar dari Mangunwijaya itu secara resmi dimulai pada Minggu (21/7/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 50 mahasiswa asing dari lima negara secara khusus belajar dari sosok arsitek YB Mangunwijaya. Kegiatan bertajuk Belajar dari Mangunwijaya itu secara resmi dimulai pada Minggu (21/7/2024) di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII).

Ketua Jurusan Arsitektur UII Profesor Noor Idham Cholid menjelaskan para mahasiswa itu berasal dari lima negara yaitu India, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Selain itu melibatkan kurator dari Jerman dan Indonesia untuk menyeleksi karya yang akan dipamerkan pada 31 Juli 2024 mendatang di Langgeng Art Foundation.

Advertisement

BACA JUGA : LPS Gelar Sayembara Desain Arsitektur Gedung Kantor Pusat di IKN

"Fokus utamanya menggali warisan arsitektur YB Mangunwijaya. Beliau seorang Romo Katolik, penulis, aktivis politik dan arsitek terkenal yang telah memberikan kontribusi besar bagi arsitektur modern di Indonesia. Ini sangat menarik," katanya.

Idham mengungkap ada sejumlah alasan penting dalam mengangkat sosok YB Mangunwijaya dan disuguhkan kepada mahasiswa asing. Salah satunya, dalam praktik arsitektur, Mangunwijaya menerapkan prinsip universal modernisme menjadi ekspresi asli dan lokal. Selain itu, sosok tersebut menjadi pelopor arsitektur kolaboratif dan berkelanjutan dalam merespons kebutuhan lingkungan lokal.

Selain itu, karya arsitektur Mangunwijaya sangat dipengaruhi oleh studinya di Aachen University, Jerman, pada tahun 1960-an. Mangunwijaya setidaknya telah merancang sekitar 80 bangunan, proyek perkotaan antara tahun 1967 dan 1998.

"Etos ini tetap relevan hingga saat ini dan mencerminkan pendekatan sosial Mangunwijaya yang tak terpisahkan dari komitmennya terhadap kebaikan sesama. Para mahasiswa akan melihat dampak dari ide-ide Mangunwijaya pada generasi arsitek Indonesia saat ini dan relevansinya dengan perkembangan kontemporer," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aktivis HAM Aysenur Tewas Ditembak Tentara Israel

News
| Sabtu, 07 September 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement