Advertisement

77 Tim dari Berbagai Kampus Beradu Gagasan Pertambangan di OlympiAR

Catur Dwi Janati
Rabu, 05 April 2023 - 07:37 WIB
Sunartono
77 Tim dari Berbagai Kampus Beradu Gagasan Pertambangan di OlympiAR Suasana E-Coaching Jam bertema "Rock Your Way to Becoming A Professional Miner" yang digelar pada Sabtu (1/4/2023) di The Alana Hotel & Convention Centre. Wakil Presiden Direktur PT. Agincourt Resources, Ruli Tanio ditemui disela-sela acara. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kompetisi di bidang pertambangan berskala nasional OlympiAR 2022 rampung digelar. Puluhan tim dari berbagai kampus di Indonesia  ambil bagian pada kompetisi yang digelar oleh PT. Agincourt Resources ini. Olimpiade Agincourt Resources (OlympiAR) 2022 tingkat nasional tahun ini mengambil tema "Mineral Discovery, Unearthing Sustainable Future.

Wakil Presiden Direktur PT. Agincourt Resources, Ruli Tanio menerangkan OlympiAR 2022 ke depan akan menjadi agenda rutin sebagai bentuk kontribusi dalam dunia pendidikan.

Advertisement

“Bukan hanya fokus kita tentu di masyarakat lokal di Batang Toru sana, tapi juga ke skala nasional menjembatani koneksi yang lebih baik antara dunia kampus dengan dunia industri," terangnya pada Sabtu (1/3/2023).

BACA JUGA : Warga Adukan Penambangan yang Merusak Lingkungan

Seluruh proses olimpiade dari pembukaan, workshop, presentasi esai, hingga penjurian telah berlangsung selama tiga bulan terakhir. Pola kompetisi dengan sejumlah hadiah dipilih agar ketika dijalankan secara konsisten dapat memberikan sumbangan positif bagi dunia industri pertambangan Indonesia.

Dalam olimpiade ini, para peserta diberikan data pertambangan yang selama ini dikumpulkan perusahaan. Seperti data-data pengeboran yang di lapangan kemudian ditransfer sepenuhnya ke peserta. “Biar mereka interpretasi dan akhirnya menampilkan sesuai dengan imajinasi, knowledge yang sudah mereka terima," ujarnya. 

Adanya kompetisi ini juga bisa mengungkap gambaran ke depan terkait kapasitas SDM di bidang pertambangan terutama dari level mahasiswa. Melalui kompetisi diharapkan dapat menciptakan calon insinyur atau ahli baru di bidang pertambangan. Tujuan akhirnya mampu membentuk engineer yang berkualitas dan sejalan dengan tantangan permasalahan riil di dunia profesional dan industri.

“Tentu tidak semua lulusan mahasiswa bisa kita tampung, tapi lulusan-lulusan terbaik dan semua industri yang ada di Indonesia berhak menerima enginer terbaik," katanya.

BACA JUGA : Sudah 9 Bulan Laporan Warga Sleman soal Tambang 

Kompetisi ini sengaja mewadahi bagi mahasiswa untuk berkreativitas dan mengembangkan keilmuan dengan lebih baik. Tidak ada tujuan spesifik untuk merekrut mereka semua. “Mudah-mudahan mereka dengan pembekalan ini bisa menjadi lulusan yang bermanfaat di mana pun mereka berada," tegasnya.

Senior Manager Corporate Communications PT. Agincourt Resources, Katarina Siburian Hardono menerangkan dalam penjuriannya, para peserta harus melewati tiga babak. Selama proses kompetisi, para peserta juga diajak terlibat dalam sesi sharing session dengan para ahli pertambangan. "Jadi untuk membekali mereka dengan hasil-hasil yang tadi kita kasih ke mereka," ungkapnya.

Katarina menyebutkan setidaknya ada 77 tim dari 26 universitas di Indonesia yang terlibat pada kompetisi ini. Para perserta tadi menjalani seleksi hingga terpilih 72 tim di babak pertama. Dari jumlah tersebut hanya lima tim yang masuk ke babak final

Sebelum para pemenang diumumkan, digelar juga kegiatan E-Coaching Jam bertema "Rock Your Way to Becoming A Professional Miner". Pada kesempatan ini sejumlah mahasiwa antusias menanyakan berbagai hal tentang dunia pertambangan ke para ahli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement