Advertisement

Banyak Kampus Ditutup, Kemendikbudristek Siap Bantu Pemindahan Mahasiswa

Szalma Fatimarahma
Rabu, 07 Juni 2023 - 09:37 WIB
Sunartono
Banyak Kampus Ditutup, Kemendikbudristek Siap Bantu Pemindahan Mahasiswa Kemendikbudristek Siap Bantu Pemindahan Mahasiswa Terdampak Penutupan Kampus. Ilustrasi wisuda mahasiswa - freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan akan membantu proses pemindahan mahasiswa terdampak penutupan 23 perguruan tinggi di Indonesia.

“Bagi Mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik yang terdampak karena pencabutan izin operasional akan dibantu untuk dipindahkan ke perguruan tinggi lainnya oleh LLDIKTI [Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi] selama ada bukti pembelajaran yang otentik,” ujar Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Lukman dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (7/6/2023). 

Advertisement

BACA JUGA : Daftar 23 Kampus Ditutup Paksa, Ada yang Dari Jogja

Bukti pembelajaran otentik tersebut antara lain kartu rencana studi (KRS) serta kartu hasil studi (KHS). Selain itu, mahasiswa juga harus melengkapi beberapa dokumen persyaratan lainnya seperti formulir pendaftaran mahasiswa baru, daftar hadir mahasiswa, kartu tanda mahasiswa, hingga bukti pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dari kampus asal.

Dokumen persyaratan itu, lanjut Lukman, akan diverifikasi oleh LLDIKTI masing-masing wilayah dengan waktu pengerjaan selama 5 hari kerja, sebelum diajukan ke perguruan tinggi tujuan.

Lebih lanjut, Lukman juga menjelaskan bahwa pencabutan izin operasional dari 23 perguruan tinggi itu dilakukan setelah ditemukan bukti adanya pelanggaran berat, seperti praktik jual beli ijazah dan pembelajaran fiktif.

Dia menyebut puluhan perguruan tinggi yang ditutup itu seluruhnya merupakan jenis Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kendati demikian, Kemendikbudristek memutuskan untuk tidak memerinci nama-nama perguruan tinggi yang baru saja dicabut izin operasionalnya tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement