Advertisement

10.106 Mahasiswa Baru UGM Ikuti PPSMB Pionir

Catur Dwi Janati
Senin, 31 Juli 2023 - 21:27 WIB
Catur Dwi Janati
10.106 Mahasiswa Baru UGM Ikuti PPSMB Pionir Ribuan mahasiswa UGM saat mengikuti Pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM di Lapangan GSP UGM, Senin (31/7/2023). Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

DEPOK—Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM resmi dibuka, Senin (31/7/2023). Lebih dari 10.000 mahasiswa baru mengikuti masa orientasi.

Bertajuk PPSMB Pionir Gadjah Mada, kegiatan Orientasi Mahasiwa Baru 2023 kali ini mengusung tema Inisiatif Gadjah Mada, Akselerasi Peradaban Bangsa. Rektor UGM, Prof. Ova Emilia berharap tema yang diusung kali ini dapat memberikan semangat baru bagi mahasiswa baru dalam mengawali proses pembelajaran di kampus.

Advertisement

"Harapannya mampu memberikan api semangat baru bagi para Gadjah Mada muda dalam mengawali setiap proses pembelajaran di kampus ini dengan penuh tanggung jawab untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai insan progresif, kreatif dan inovatif dengan menjunjung tinggi keutamaan jati diri UGM," kata Ova, Senin.

Tahun ini UGM menerima 10.106 mahasiswa baru yang terdiri dari 8.317 mahasiswa Program Sarjana, dan 1.789 mahasiswa Program Sarjana Terapan yang tersebar di 93 program studi di 18 fakultas dan satu sekolah. Mereka menjalani masa orientasi mulai awal pekan ini.

BACA JUGA: Pergub Pemanfaatan Tanah Kas Desa Direvisi, Kewenangan Satpol PP DIY Ditingkatkan

Rangkaian PPSMB terdiri atas PPSMB universitas selama dua hari pada Senin (31/7/2023) dan Selasa (1/8) dilanjutkan dengan PPSMB di tingkat fakultas/sekolah pada 2-3 Agustus. Nantinya para mahasiswa juga akan menjalani kegiatan soft skills selama dua hari pada 4-5 Agustus, serta action plan pada 7-12 Agustus.

Ova berpesan kepada mahasiswa UGM untuk menyadari peran dan tanggung jawab selama menempuh pendidikan. Dia berharap mahasiswa baru dapat terus memupuk kapasitas kompetensi, semangat kolaborasi, kemampuan beradaptasi, kreativitas, serta inovasi sebagai budaya belajar kaum intelektual.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang hadir dalam pembukaan PPSMB mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang diterima di UGM. Alumnus Fakultas Teknis UGM tersebut meyakini bahwa para Gadjah Mada Muda (Gamada) mampu menjadi inisator yang bisa memberi kemajuan bagi bangsa.

"Saya dan kalian semua, Gadjah Mada adalah orang-orang yang mengisi ruang-ruang bersama kebangsaan, keekonomian agar kita menjadi bangsa yang besar," tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni UGM, Arie Sujito mengatakan PPSMB tahun ini mengajak mahasiswa lebih aktif tanpa ada penugasan. "PPSMB Pionir ini adalah babak orang untuk mengenali kampus. Karena itu, dia harus senang, harus punya perspektif yang menyenangkan di kampus," katanya. "Kampus UGM harus ditunjukkan sejak awal kepada mahasiswa, bahwa ini tempat belajar bukan tempat untuk sekadar menjalani tugas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilot Susi Air Dibebaskan dari Penyanderaan, Ini Kata Susi Pudjiastuti

News
| Sabtu, 21 September 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement