Advertisement

Perguruan Tinggi Merespons Bonus Demografi dengan Mencetak SDM Berkualitas

Yosef Leon
Rabu, 22 Mei 2024 - 10:27 WIB
Sunartono
Perguruan Tinggi Merespons Bonus Demografi dengan Mencetak SDM Berkualitas Suasana pelantikan dan serah terima jabatan rektor baru Intan Jogja untuk periode 2024-2028, Rabu (22/5 - 2024) di kampus setempat. (Email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peran perguruan tinggi disebut sangat vital dalam menunjang kebutuhan dan kecukupan pangan nasional. Semua pihak harus bahu-membahu mewujudkan ketahanan pangan nasional, apalagi dengan fenomena bonus demografi yang akan muncul di Indonesia pada 2030-2045 mendatang. 

Rektor terpilih periode 2024-2028 Institut Pertanian (Intan) Jogja Profesor Retno Indrati mengatakan, institusi harus bekerja lebih keras karena adanya tantangan dan tuntutan zaman yang sangat dinamis. Ia berharap seluruh civitas akademika di kampusnya untuk bekerja keras, bekerja cerdas, dan selalu fokus sehingga kampus ini dapat menjadi perguruan tinggi yang adaptif.

Advertisement

"Indonesia akan mengalami bonus demografi, yang mana hal ini akan menjadi kontribusi positif bagi pembangunan nasional apabila dikelola dengan baik dan akan menjadi musibah jika tidak dikelola dengan baik, yang dicirikan dengan pengangguran dan kemiskinan," katanya katanya dalam acara serah terima jabatan jabatan rektor baru untuk periode 2024-2028, Rabu (22/5/2024).

Bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia berlangsung pada tahun 2030 hingga 2045 mendatang, sehingga diperlukan waktu untuk mempersiapkan kebutuhan dan kecukupan pangan bagi generasi mendatang.

Terkait kebutuhan dan kecukupan pangan, Profesor Retno menyebut perlu dilakukan pembenahan dalam sektor pertanian dan teknologi pertanian. Hal itu untuk menunjangnya sektor kehutanan dan lingkungan hidup juga sektor yang berasal dari keilmuan lain perlu untuk dilakukan pembenahan dan kajian lebih dalam lagi. 

"Terlebih dalam penggunaan teknologi, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelestarian lingkungan hidup. Oleh karena itu, perguruan tinggi termasuk Intan harus mampu menyiapkan dan merancang strategi agar tetap diminati serta menjadi tempat yang menarik bagi masyarakat untuk mendapat kualifikasi sekaligus kompetensi dalam rangka menciptakan pekerjaan," ujarnya. 

Dalam serah terima jabatan tersebut, Retno Indrati menggantikan Achmad Kasiyani, dihadiri Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Widya Tani dan perwakilan dari LLDIKTI Wilayah V Jogja. Achmad Kasiyani mengapresiasi berbagai pihak yang telah membersamai dalam memimpin kampus. "Rektor terpilih akan memiliki tantangan ke depannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement