Advertisement

Gandeng PLN dan DPRD DIY, FISIP UAJY Optimalkan Pemahaman Ekosistem Komunikasi Mahasiswa untuk Dunia Profesional

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 08 Juni 2024 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Gandeng PLN dan DPRD DIY, FISIP UAJY Optimalkan Pemahaman Ekosistem Komunikasi Mahasiswa untuk Dunia Profesional Seminar yang digelar Prodi Ilmu Komunikasi UAJY mengangkat tema Ekosistem Komunikasi Pada Korporasi dan Pemerintahan, Jumat (7/6 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Para mahasiswa perlu memahami ekosistem komunikasi dan ragam implementasi stratejik dalam industri komunikasi  untuk terjun di dunia profesional. Pemahaman atas dua hal ini perlu dibarengi dengan kemampuan akan penggunaan teknologi.

Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD DIY R. Stevanus C.H. dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UAJY yang mengangkat tema Ekosistem Komunikasi Pada Korporasi dan Pemerintahan, Jumat (7/6/2024).

Advertisement

DIa menyatakan ekosistem komunikasi adalah suatu sistem yang kompleks dan dinamis, di mana terdapat berbagai pihak yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

BACA JUGA: Cultural Days FSBK UAD Gelanggangkan Ekspresi Budaya dan Kreativitas Melalui Peragaan Busana

Dalam konteks komunikasi pemerintah, pihak yang berinteraksi dan bekerjasama adalah pemerintah pusat, DPRD, partai politik, akademisi, tokoh masyarakat, dan sebagainya.

Stevanus menyatakan bahwa pemahaman akan ekosistem komunikasi ini akan membantu pemerintah dalam berbagai hal, seperti meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan efektivitas kebijakan publik, dan membangun hubungan yang harmonis antarpihak.

Tak hanya itu, Dia pun menegaskan bahwa ekosistem komunikasi ini perlu dibarengi dengan prinsip-prinsip penting seperti keterbukaan, transparansi, dan akuntabilitas. “Membangun trust serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi adalah kunci,” ungkap Stevanus .

Sementara itu, EVP Corporate Communication PT. PLN (Persero) Gregorius Adi Trianto yang juga alumni Prodi Ilmu Komunikasi UAJY menegaskan strategi komunikasi menjadi hal yang penting untuk meningkatkan reputasi perusahaan.

"Strategi komunikasi ini dilakukan baik pada pihak internal maupun eksternal. Pihak eksternal, lanjutnya, seperti media massa, media online, influencer, serta website," paparnya.

BACA JUGA: Prodi Sejarah USD Mengangkat 'Wong Cilik' sebagai Subjek Sejarah melalui Bedah Buku 'Ratu Adil' Karya G.P. Sindhunata SJ

Dalam materinya, Adi mencontohkan bagaimana implementasi stategi komunikasi yang dilakukan PLN. Ia mengangkat isu gangguan kelistrikan di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat dan memaparkan dampaknya bagi perusahaan.

“Kita memanfaatkan jumlah anggota internal untuk mengejar trending positif,” ungkapnya ketika memaparkan strategi dalam menekan respon negatif dari masyarakat.

Dia pun menegaskan bahwa strategi komunikasi yang tepat meminimalisir sentiment negatif di media sosial, dan meningkatkan citra perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dana Desa Direncanakan Bisa Dipakai untuk Program Perempuan dan Anak

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement