Advertisement

SMA Bopkri 1 Jogja Terapkan Standar Tinggi untuk Transportasi Study Tour: Bus Harus Terbaru

Lugas Subarkah
Jum'at, 24 Mei 2024 - 11:47 WIB
Sunartono
SMA Bopkri 1 Jogja Terapkan Standar Tinggi untuk Transportasi Study Tour: Bus Harus Terbaru Study Tour / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perizinan study tour belakangan kian diperketat pasca terjadinya beberapa insiden kecelakaan rombongan study tour. Sebagai salah satu penyelenggara study tour, SMA Bopkri 1 Yogyakarta menegaskan kegiatan ini sifatnya tidak wajib dan ketika dilaksanakan menerapkan standar tertinggi.

Kepala SMA Bopkri 1 Yogyakarta, Sartana, menjelaskan study tour merupakan program tahunan sekolah untuk siswa kelas XI yang bersifat tidak wajib. “Sehingga menu pilihan ini bukan menjadi kewajiban siswa dan orang tua untuk dipilih,” ujarnya, Kamis (23/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Puspar UGM Sebut Larangan Study Tour Bukan Solusi Bijak

Program ini merupakan outing class yang dipakai oleh sekolah untuk menjembatani kepentingan siswa yang akan melakukan study tour mandiri. “Daripada dilakukan mandiri dengan menggunakan nama sekolah, maka sekolah berinisiatif untuk memberikan layanan outing class ini,” ungkapnya.

Pemilihan objek mana yang akan dituju semua diserahkan ke siswa dan diskusi dengan orang tua siswa, jadi bukan kehendak sekolah. “Program ini sudah terjadi bertahun-tahun dan selalu dinanti oleh anak meskipun tidak ada kewajiban mengikuti,” kata dia.

Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti, maka mereka akan memilih objek tersendiri dan membuat laporan tertulis. Kegiatan itu lalu dilaporkan ke sekolah melalui wali kelas sebagai tugas akademik pengembangan wawasan akan lingkungan.

Untuk pelaksanaan study tour, pihak sekolah bekerja sama dengan event organizer (EO) wisata, termasuk dalam pemilihan bus. Sekolah menerapkan standar tertinggi dalam pemilihan bus wisata, salah satunya yakni busnya harus armada terbaru.

“Jadi kami menerapkan standar dalam kesepakatan itu bus terbaru yang bisa dipakai dan harus dipresentasikan di depan manajemen sekolah dengan bukti-bukti yang sahih serta jaminan pengelolaan armada dari pemilik kendaraan. Jadi kepentingan soal keamanan kami berusaha memberikan kepastian yang terbaik,” ungkapnya.

BACA JUGA : Siswa di Klaten Kini Tidak Wajib Ikut Study Tour

Mengenai pengetatan izin, ia melihat saat ini masih berupa wacara dari pihak yang berwenang, sehingga pihaknya pun masih tunggu perkembangannya. SMA Bopkri 1 pun akan mengikuti segala kebijakan yang nantinya akan diterapkan terkait study tour ini.

“Kita ikuti alurnya seperti apa, sepanjang pengetahuan saya dari pihak Dinas Pendidikan DIY, info yang saya peroleh dalam rapat koordinasi kepala sekolah SMA se-DIY hari senin yang lalu, dinas tidak melarang, hanya SOP nya dilalui secara baik benar dan tidak sembrono,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Generasi Muda Diajak Memerangi Judi Online, Menkominfo: Meresahkan

News
| Senin, 17 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement