Advertisement

SD Marsudirini Jogja Kenalkan Energi Alternatif lewat STEAM

Media Digital
Jum'at, 04 Oktober 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
SD Marsudirini Jogja Kenalkan Energi Alternatif lewat STEAM Kepala SD Marsudirini Jogja, FX. Oktaf Laudensius (kedua dari kanan) dalam Expo Yayasan Marsudirini Perwakilan Jogja 2024, SD Marsudirini Jogja, Gondomanan, Kota Jogja, Jumat (4/10/2024). - Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Sekolah Dasar (SD) Marsudirini Jogja mengenalkan energi alternatif pada murid-muridnya melalui Pembelajaran STEAM (Science Technology Engineering Art and Mathematics). Pada praktiknya, murid-murid akan belajar dan bermain dengan alat-alat yang berhubungan dengan energi alternatif.

Kepala SD Marsudirini Jogja, FX. Oktaf Laudensius, mengatakan pembelajaran STEAM sudah berlangsung sebelumnya. Tetapi saat ini alat STEAM semakin dilengkapi, dari yang berhubungan dengan energi alternatif surya, air, dan angin. Contohnya, anak bisa bermain robot yang energi baterainya menggunakan surya atau sinar matahari.

Advertisement

Pembelajaran STEAM akan diimplementasikan di seluruh pembelajaran. “Tujuan besarnya, anak semakin mengenal bahwa sekarang perlu semakin menggunakan energi alternatif, hindari bahan bakar fosil. Ke depan anak-anak bisa mencipta, punya ide dan gagasan, temukan sesuatu. Ini bentuk mengenalkan dan menanam bibit kepedulian dan cinta pada lingkungan dan energi alternatif,” kata Oktaf, di sela-sela acara Expo Yayasan Marsudirini Perwakilan Jogja 2024 di SD Marsudirini Jogja, Gondomanan, Kota Jogja, Jumat (4/10/2024).

Dengan metode ini, harapannya anak bisa semakin kreatif dan banyak praktik. Bagi murid yang senang dengan matematika dan science bisa mengembangkan bakatnya. Termasuk murid yang suka seni, bisa mengimplementasikan kreatifitasnya. Misalnya mengecat robot atau mendaur ulang bahan bekas menjadi karya seni. “Ada art-nya, bisa kami kembangkan dari benda-benda di luar alat yang sudah ada. Misal menggunakan tusuk satai atau bekas lidi, dirangkai jadi jembatan hingga kincir angin,” katanya.

Perilisan Pembelajaran STEAM mengambil momen berkumpulnya murid, orang tua murid, guru, pengurus yayasan, dan seluruh keluarga besar SD Marsudirini Jogja dalam balutan Expo Yayasan Marsudirini Perwakilan Jogja 2024. Tidak hanya rilis Pembelajaran STEAM, terdapat juga berbagai lomba dari STEAM, mewarnai, hingga menyanyi. Rangkaian acara ini dalam rangka memeriahkan Fransiskus Day Sekolah-Sekolah Marsudirini Perwakilan Jogja.

Hadir dan menyaksikan perlombaan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Jogja, Budi Santoso Asrori. Budi mengapresiasi upaya baik dari SD Marsudirini Jogja. Menurutnya, harus ada kegiatan yang bisa menyeimbangan aspek akademis, afeksi, karakter, dan psikomotorik dari para murid. “Perlu ada keseimbangan otak, sehingga anak-anak dapat tumbuh kembang sesuai usianya, paling penting itu,” katanya. “[Pembelajaran STEAM] salah satu bagaimana cara sekolah mengenalkan anak pada teknologi, untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan sehat.”

Ada sekitar 400 murid yang bersekolah di SD Marsudirini Jogja. Lokasi SD ini juga strategis, berada di tengah perkotaan. Tidak jarang warga luar Kota Jogja yang menyekolahkan anaknya di SD Marsudirini Jogja. “SD Marsudirini Jogja diharapkan terus berupaya menjaga kualitas dan kemanfaatan bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Sekolah ini banyak menjadi tujuan orang luar untuk sekolah di Jogja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPU Bakal Gelar Debat Pilkada Jakarta Tiga Kali, Ini Jadwalnya

News
| Jum'at, 04 Oktober 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement