Advertisement

SLB IT Pertama Diresmikan di Cangkringan, Ini Harapan Wabup Sleman

Abdul Hamied Razak
Selasa, 06 Juni 2023 - 23:27 WIB
Abdul Hamied Razak
SLB IT Pertama Diresmikan di Cangkringan, Ini Harapan Wabup Sleman Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meresmikan operasional Sekolah Luar Biasa Islam Terpadu (SLB IT) Alam Asatama bertempat di Dusun Jaranan, Kalurahan Argomulyo, Cangkringan, Selasa (6/6 - 2023). Dokhumaspemkabsleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meresmikan Sekolah Luar Biasa Islam Terpadu (SLB IT) Alam Asatama di Dusun Jaranan, Kalurahan Argomulyo, Cangkringan, Selasa (6/6/2023). Ini merupakan SLB pertama yang beroperasi di wilayah Timur lereng Merapi.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menyatakan, keberadaan sekolah tersebut dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan program pendidikan di Sleman. Terlebih, lanjut Danang, sektor pendidikan sebagai salah satu sektor yang menjadi perhatian Pemkab.

Advertisement

BACA JUGA: Talkshow Pendidikan, Ketaatan PPDB Wujud Pembentukan Karakter Masyarakat

"Keberadaan SLB IT ini tentu akan menjadi daya dukungan bagi upaya Pemkab dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan kesehatan termasuk bagi anak-anak berkebutuhan khusus," kata Danang usai meresmikan SLB IT tersebut, Selasa.

Setiap anak khususnya di Sleman, lanjut Danang, memiliki hak yang sama dalam mengakses pendidikan yang layak. Hal tersebut juga berlaku bagi anak dengan kebutuhan khusus. Pemkab, katanya, terus berupaya untuk memastikan anak-anak dapat mengakses pendidikan secara layak.

"Maka saya sangat menghargai dan sangat mendukung prakarsa dan upaya Pimpinan Yayasan Amanah Ahsan Hutama dalam melaksanakan pembangunan SLB IT Alam Asatama ini. Apalagi selama ini anak berkebutuhan khusus seringkali belum mendapatkan kesempatan yang setara, termasuk dalam pendidikan," jelas Danang.

Untuk mengubah kondisi tersebut, Danang mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memberikan hak pendidikan yang sama kepada setiap anak. "Yakni untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal meraih prestasi dan menjadi unggul. Itu bisa dirasakan oleh setiap anak dengan kondisi apapun," katanya.

BACA JUGA: 5 Perguruan Tinggi di Jawa Barat Tutup, Ada yang Terlibat Kasus Jual Beli Ijazah

Kepala Sekolah SLB IT Alam Asatama, Ikhsan menuturkan bahwa SLB IT Alam Asatama telah resmi mendapat izin operasional sejak 14 April 2023. Ia mengaku telah menjalankan aktivitas belajar mengajar untuk anak berkebutuhan khusus sejak 9 Agustus 2020.

Saat ini jumlah siswa yang terdaftar di SLB IT Alam Asatama sebanyak 26 siswa dengan melibatkan sejumlah mahasiswa pendidikan dalam proses belajar mengajar.

SLB IT Alam Asatama merupakan lembaga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus pertama yang berada di wilayah Kapanewon Cangkringan. "Kami optimis SLB IT Alam Asatama akan terus berkembang dan menjadi pusat pemberdayaan disabilitas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement