Advertisement

Data Dapodik Bisa Dipakai Meningkatkan Prestasi Siswa dengan Algoritma No Tears

Sunartono
Jum'at, 24 Mei 2024 - 17:17 WIB
Sunartono
Data Dapodik Bisa Dipakai Meningkatkan Prestasi Siswa dengan Algoritma No Tears Sebuah platform pemodelan kausal prestasi belajar siswa berhasil ditemukan oleh akademisi Program Magister FTI UII. Adapun penelitian itu menggunakan data pokok pendidikan (Dapodik) untuk menganalisis kondisi prestasi belajar siswa serta faktor yang mempengaruhi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah platform pemodelan kausal prestasi belajar siswa berhasil ditemukan oleh akademisi Program Magister FTI UII. Adapun penelitian itu menggunakan data pokok pendidikan (Dapodik) untuk menganalisis kondisi prestasi belajar siswa serta faktor yang mempengaruhi.

"Data diproses menggunakan algoritma Non-combinatorial Optimization via Trace Exponential and Augmented lagRangian for Structure Learning atau No Tears dan Bayesian Network untuk mengungkap struktur kausal dan interaksi antar variabel," kata Sabar Aritonang Rajagukguk yang merupakan mahasiswa Magister FTI UII, Jumat (24/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Jalan Panjang Murid Penghayat Kepercayaan Mendapat Hak Pendidikannya

Ia mengungkap platform pemodelan buatannya bisa digunakan untuk mengolah data Dapodik di semua sekolah, bahkan dari sekolah luar negeri. Penggunaannya dilakukan dengan cara mengunggah pada platform buatannya lalu menuliskan variabel yang akan diuji, maka akan muncul hasilnya.

"Kami sudah mengujicoba pemodelan menggunakan algoritma no tears ini di SMP N 3 Jimbaran Bali. Hasilnya kami menemukan jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah ini mempengaruhi nilai ketrampilan siswa, artinya jarak rumah makin dekat nilai pengetahuan makin tinggi. Tetapi hasil ini bisa jadi berbeda jika pemodelan dilakukan di sekolah lain," katanya.

Ia menilai penggunaan data Dapodik untuk menyusun strategi peningkatan prestasi belajar siswa belum banyak dilakukan. Selama ini Dapodik hanya digunakan untuk akreditasi hingga pemberian bantuan atau beasiswa. Padahal kebutuhan terhadap pengambilan keputusan berbasis data sangat dibutuhkan di era saat ini.

"Penelitian ini menunjukkan potensi penggunaan Dapodik dalam menentukan strategi pendidikan yang lebih efektif melalui pemodelan kausal variabel yang ada di data Dapodik," ujarnya.

Ketua Program Studi Informatika FTI UII Dhomas Hatta Fudholi mengatakan hasil penelitian ini pengambilan keputusan berbasis data memungkinkan sekolah untuk menyusun strateginya berdasarkan karakteristik sekolahnya. Setiap sekolah bisa menganalisis data Dapodiknya. Kemudian menggunakan cara tersendiri dalam meningkatkan prestasi belajar siswa setelah menganalisi data menggunaan platform tersebut.

BACA JUGA : Bagikan Bantuan PIP untuk Ribuan Siswa di Kota Magelang, Jokowi: Jangan Dipakai Beli Pulsa!

"Perangkat lunak dari penelitian yang telah dikembangkan dan dapat diakses secara bebas. Harapan kami sekolah bisa memanfaatkannya, bahkan jika memungkinkan harapan kami Kemendikbud bisa menjadi hasil penelitian ini untuk diterapkan di sekolah-sekolah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Gelar Khitan Massal, Sambut Hari Anak Nasional dan Bulan Muharram

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement